PENGARUH MINAT, OPINI DAN AKTIVITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.CAHAYA TIRTA RASA MEDAN

  • Bastari Bastari Universitas Darma Agung
  • Johannes Arles Arswendo Silalahi

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Minat, opini, aktivitas konsumen terhadap keputusan pembelian PT. Cahaya Tirta Rasa. Variabel dalam penelitian ini adalah pengawasan dan tanggung jawab manajerial sebagai variabel independen (bebas). Diduga ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat, opini dan aktivitas konsumen terhadap keputusan pembelian dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300  orang dan sampel yang digunakan sebanyak 75 orang, menggunakan metode sampling dengan teknik accidental sampling.teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Data – data yang telah menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut, Y = 0,136 + 0,712X1 + 0,120X2 + 0,142X3. Nilai koefisiennya menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,907 berarti menunjukkan bahwa sebesar 90,70 % keputusan pembelian dapat dijelaskan olehminat, opini dan aktivitas konsumen. Sedangkan sisanya sebesar 9,3 % dijelasakan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini. Meskipun konsumen menilai baik minat, opini dan aktivitasnya sebaiknya perusahaan  tetap melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas produknya serta pendapat konsumen akan sebuah pembelian produk agar kinerja karyawan dapat dilakukan tepat waktu secara efektif dan efisien.

Published
Jun 25, 2021
How to Cite
BASTARI, Bastari; SILALAHI, Johannes Arles Arswendo. PENGARUH MINAT, OPINI DAN AKTIVITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.CAHAYA TIRTA RASA MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 151-161, june 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1017>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles