PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID PADA MASYARAKAT KELURAHAN MANGGA KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian ponsel Android pada masyarakat Desa Mangga Kecamatan Medan Tuntungan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 96 orang/masyarakat Desa Mangga Kecamatan Medan Tuntungan. Instrumen penelitian diuji, yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas sebelum menyebarkan angket kepada sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh 1) Nilai thitung variabel citra merek > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Hp Android pada masyarakat Desa Mangga Medan Tuntunggan Kecamatan dan nilai thitung variabel kualitas produk > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Hp Android pada masyarakat Desa Mangga Kecamatan Medan Tuntunggan dan nilai thitung untuk harga variabel > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Hp Android pada masyarakat Desa Mangga Kecamatan Medan Tuntunggan. 2) Hasil uji F diperoleh nilai F hitung < F tabel, model regresi dapat dikatakan bahwa variabel citra merek, kualitas produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian Hp Android. pada masyarakat Desa Mangga Kecamatan Medan Tuntunggan. 3) Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,826 yang artinya variabel citra merek, kualitas produk dan harga mampu menjelaskan keputusan pembelian ponsel Android pada masyarakat Desa Mangga. , Kecamatan Medan Tuntunggan sebesar 82,6%. sedangkan sisanya sebesar 17,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti: variabel promosi, lingkungan, kondisi sosial, aksesibilitas.