PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA EVENT ORGANIZER CV. FWP IDEAS MEDAN

  • Lewi Merari Universitas Darma Agung, Medan
  • Theresia Nelly Ansari Surbakti Universitas Darma Agung, Medan
  • Runggu R. Napitupulu Universitas Darma Agung, Medan
  • Jonner Lumban Gaol Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Strategi pemasaran jasa dan kualitas jasa merupakan faktor penting untuk meningkatkan daya saing sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah strategi pemasaran jasa dan kualitas jasa berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, batasan penelitian terkait strategi pemasaran jasa, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer, pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan penelitian lapangan yang terdiri dari wawancara, angket dan observasi menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah nilai Y = 16.788+0.092X1+0.193X2. Pada subtes strategi pemasaran jasa memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu 2,811 > 1,697, dengan sig 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan berdasarkan kualitas pelayanan, nilai t hitung > t tabel yaitu 6,430 > 1,697, dengan sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian secara simultan memberikan nilai F hitung > F tabel dengan sig 0,000 < 0,05 yaitu H.25,038 > 4,15, artinya strategi pemasaran jasa dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai R-squared sebesar 54%, artinya pemasaran jasa strategi dan kualitas layanan memberikan nilai prediksi 54% dari varians dalam variasi kepuasan pelanggan, dan sisanya 46% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran tentang cara membuat CV. FWP Disarankan untuk lebih meningkatkan strategi pemasaran jasa dan kualitas pelayanan kepada pelanggan agar berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan secara tidak langsung terdorong untuk menggunakan kembali penyedia jasa di CV. Ide FWP Medan

Published
Mar 11, 2023
How to Cite
MERARI, Lewi et al. PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA EVENT ORGANIZER CV. FWP IDEAS MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 114 - 121, mar. 2023. ISSN 2301-6175. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/2918>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles