PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDOMARET JALAN CENGKEH PERUMNAS SIMALINGKAR MEDAN

  • Wilda Triana Tapenao Universitas Darma Agung, Medan
  • Diego Sarana Ginting Universitas Darma Agung, Medan
  • Sabar L. T. Simaputang Universitas Darma Agung, Medan
  • Veramika Sembiring Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Jalan Cengkeh Perumnas Simalingkar Medan. Sampel dari 96 konsumen Indomaret yang disurvei digunakan untuk penelitian ini. Tes berfungsi untuk memeriksa instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, menggunakan analisis regresi berganda dan uji F serta uji t, hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai sebagai berikut: Y = 1,864 + 0,262 x 1 + 0,302 x 2, merupakan nilai varian variasi variabel bebas pada variabel terikat. Persepsi harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Jalan Cengkeh Perumnas Simalingkar Medan dilihat dari nilai thitung (3,091) > ttabel (1,660) pada signifikansi (0,003 <.0,05), dan thitung (3,685) > ttabel (1,660) pada signifikansi (0,000 < 0,05). Variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan pelanggan) pada Indomaret Jalan Cengkeh Perumnas Simalingkar Medan. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 21.424, sedangkan hasil Ftabel pada tabel distribusi dengan margin of error 5% adalah 2,18. Artinya Fhitung > Ftabel (21,424 > 2,18). Berdasarkan nilai koefisien determinasi, nilai adjusted Rsquare menunjukkan 0,292 yang berarti bahwa semua variabel independen memiliki kontribusi gabungan sebesar 29,2% terhadap variabel dependen (kepuasan pelanggan). Sisanya 70,8% .

Published
Dec 16, 2022
How to Cite
TAPENAO, Wilda Triana et al. PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDOMARET JALAN CENGKEH PERUMNAS SIMALINGKAR MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 152 - 157, dec. 2022. ISSN 2715-6001. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/2526>. Date accessed: 04 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v11i2.2526.
Section
Articles