PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SIPISPIS T.P 2022/2023

  • Putra Venndy Hulu Universitas Darma Agung, Medan
  • Yudita Puspita Halawa Universitas Darma Agung, Medan
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung, Medan
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil aktivitas terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada materi pengukuran di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sipispis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan terhadap prestasi belajar pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sipispis. Sampel yang diajar dengan menggunakan model Numbered Head Together Pembelajaran fisika adalah siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 30 siswa. Jenis


 


penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik. Instrumen dalam soal ini berjumlah 15 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan option (a, b, c, d, dan e) yang telah diuji validitas, reabilitas, dan tingkat kesukaran tes. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai Gain, peningkatan hasil belajar dari ????̅  prasiklus = 40,78 ke ????̅  siklus I = 59,00 adalah, G = 0,31 dan dikategorikan sedang. Selanjutnya peningkatan prestasi belajar fisika ????̅  siklus I = 59,00 ke ????̅  siklus II = 87,78 adalah G = 0,70. Sedangkan peningkatan keaktifan belajar ????̅  siklus I pertemuan 1 = 34,11 ke ????̅  siklus I pertemuan 2 = 49,27 dengan  N-G pertama = 0,23 dikategorikan Rendah, kemudian peningkatan keaktifan belajar ????̅  siklus I pertemuan 1 = 34,11 ke ????̅  siklus II pertemuan 1 = 75,31 dengan N-Gain kedua = 0,63 dikategorikan Sedang, dan peningkatan keaktifan belajar ????̅  siklus I pertemuan 1 = 34,11 ke ????̅  siklus II pertemuan 2 = 88,85 dengan N-Gain ketiga = 0,83 diaktegorikan Tinggi. Hasil dari penelitian Ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas terhadap prestasi belajar siswa pada materi pengukuran melalui model Numbered Head Together pada pembelajaran fisika Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Sipispis T.P 2022/2023.

Published
Feb 1, 2023
How to Cite
HULU, Putra Venndy et al. PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SIPISPIS T.P 2022/2023. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 39 - 56, feb. 2023. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/2695>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles