PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P. 2016/2017

  • ALIM PARANGINANGIN Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan lks terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas x semester II di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi t.p. 2016/2017.  Jenis penelitian ini adalahquasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretes-postes. Populasi dalam  penelitianini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas paralel berjumlah 165 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (cluster random sampling) artinya setiap kelas mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Adapun kelompok sampel yang dipilih yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem solving berbantuan LKS dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model Pembelajaran Langsung dimana masing-masing kelas berjumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk Essay sebanyak 7 soal yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 48,74 dengan standar deviasi = 5,77 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 48,60 dengan standar deviasi  = 4,92. Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,106 dan ttabel =1,987 dengan demikian thitung< ttabel maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda. Diakhir pembelajaran dilakukan postes dan diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 76,28 dengan standar deviasi = 7,30 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata postes = 72,84 dengan standar deviasi = 6,45  dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,035 dan ttabel =1,663 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk 64. Karena thitung> ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dengan Model Problem solving berbantuan LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls siswa kelas X Semester II SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P.2016/2017.

Published
Nov 15, 2018
How to Cite
PARANGINANGIN, ALIM. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P. 2016/2017. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 35-41, nov. 2018. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/65>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles