PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P. 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII SMP Negeri 1 Barujahe yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes.Berdasarkan hasil penelitian model problem based leraning terhadap kemampuan Koneksi Matematis diperoleh persamaan regresi Y ̂= 32,871 +0,631X. Kelinearan regresi yaitu Fhitung < Ftabel dimana X terhadap Y diperoleh -3,66 < 2,55 maka H0 diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel dimana X terhadap Y yaitu 16,301 > 4,20 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung > ttabel dimana X terhadap Y yaitu 4,213 >1,70. Koefisien determinasi untuk X terhadap Y diperoleh r2 = 38,4%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan konekdi matemati siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe sehingga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.