KORELASI ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V
Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seseorang yang hasil belajarnya tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Swasta RK 3 Pematangsiantar belum sesuai dengan harapan, salah satu penyebabnya yaitu siswa belum mengerti kecerdasan intrapersonal yang dimiliki dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Korelasi antara kecerdasan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V (2)Korelasi antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V (3)Korelasi antara kecerdasan kecerdasan intrapersonal dan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V di SD Swasta RK 3 Pematangsiantar tahun pelajaran 2023/2024.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelational. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta RK 3 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 78 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 38 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dkn, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diuji terlebih dahulu melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Adapun uji hipotesis menggunakan rumus product moment, korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1)Terdapat korelasi positif antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Bahasa Indonesia didapatkan hasil nilai rhitung 0,730 > rtabel 0,320 dengan tingkat hubungan sebesar 53,3%, 2)Terdapat korelasi positif antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar Bahasa Indonesia didapatkan hasil nilai rhitung 0,780 > rtabel 0,320 dengan tingkat hubungan sebesar 60,9%, 3)Terdapat korelasi antara kecerdasan intrapersonal dan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar Bahasa Indonesia didapatkan hasil nilai rhitung 0,793 > rtabel 0,320 dengan tingkat hubungan sebesar 60,7% serta nilai Fhitung 29,584 > Ftabel 3,28.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.