UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V

  • Putri Lisa Febrianti Turnip Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Aprido B Simamora Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Janwar Tambunan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk Mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif  Peserta  Didik  Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas  V Uptd Sd Negeri 122365 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang melibatkan one group.  Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, pengujian hipotesis, dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat upaya yang dilakukan dalam upaya peningkatan berpikir kreatif siswa kelas V-b UPTD SD Negeri 122365 Jl Ade Irma Pema¬tang Siantar. Secara deskriptif kondisi lingkungan belajar di UPTD SD Negeri 122365 Jl Ade Irma Pematang Siantar, termasuk pada kategori kuat  (0.628 ), sedangkan  nilai post test  kelas V-b UPTD SD Negeri 122365 Jl Ade Irma Pematang Siantar, berada pada kate¬gori sangat rendah  yaitu sebanyak 0,68. Hasil analisa dengan teknik product moment diperoleh harga r xy sebesar 4,89 sedangkan r tabel 4,20  pada taraf signifikansi 5%.

Published
Dec 10, 2024
How to Cite
TURNIP, Putri Lisa Febrianti; SIMAMORA, Aprido B; TAMBUNAN, Janwar. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 722-734, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5046>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5046.