IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN

  • Maria Helmi Lumban Gaol Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Evi Susilawati Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Juwita Fauaziah Nur Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.  Dalam penelitian ini akan berusaha menggambarkan bagaimana kemampuan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Medandalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Deskripsi hasil temuan penelitian mengenai Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Medan akan dijelaskan pada bagian ini. Pendiskripsian hasil data penelitian terdiri atas: (1) Implementasi Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Medan, (2) Upaya guru PPKn dalam menentukan kemampuan peserta didik dalam Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Medan, (3) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran berdifferensiasi dalam kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Medan

Published
Dec 9, 2024
How to Cite
LUMBAN GAOL, Maria Helmi; SUSILAWATI, Evi; NUR, Juwita Fauaziah. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5037>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5037.