PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK DI KELAS X DALAM PEMBELAJARAN PPKN

  • Apriana Dian Putri Siregar Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Evi Susilawati Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Juwita Fauaziah Nur Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji cara-cara di mana penggunaan media Educaplay telah mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 11 Medan. Studi ini menggunakan wawancara dengan siswa dan guru PPKn serta pengamatan langsung selama proses pembelajaran. Menurut hasil wawancara dan pengamatan, media Educaplay memiliki potensi untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Penggunaan Educaplay juga meningkatkan kepercayaan diri siswa, seperti yang ditunjukkan, meningkatnya keyakinan mereka dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan akademis. Penelitian ini mengindikasikan bahwa media Educaplay dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran PPKn dan meningkatkan keterlibatan serta keyakinan diri peserta didik.

Published
Dec 10, 2024
How to Cite
SIREGAR, Apriana Dian Putri; SUSILAWATI, Evi; NUR, Juwita Fauaziah. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK DI KELAS X DALAM PEMBELAJARAN PPKN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5043>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5043.