PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK DI KELAS X DALAM PEMBELAJARAN PPKN
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji cara-cara di mana penggunaan media Educaplay telah mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 11 Medan. Studi ini menggunakan wawancara dengan siswa dan guru PPKn serta pengamatan langsung selama proses pembelajaran. Menurut hasil wawancara dan pengamatan, media Educaplay memiliki potensi untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Penggunaan Educaplay juga meningkatkan kepercayaan diri siswa, seperti yang ditunjukkan, meningkatnya keyakinan mereka dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan akademis. Penelitian ini mengindikasikan bahwa media Educaplay dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran PPKn dan meningkatkan keterlibatan serta keyakinan diri peserta didik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.