PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SUB TEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di SD Swasta HKBP Tomuan. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-esksperimental design dengan desain One Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Data di olah dengan mengunakan uji N-gain, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji N-Gain dengan hasil yang diperoleh 0,66 dengan kategori sedang atau cukup efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,61 > 2,064). Maka H0 di tolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di SD Swasta HKBP Tomuan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.