PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SUB TEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN

  • Yunita Sidauruk Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Rio Parsaoran Napitupulu Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Canni Loren Sianturi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di SD Swasta HKBP Tomuan. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-esksperimental design dengan desain One Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Data di olah dengan mengunakan uji N-gain, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji N-Gain dengan hasil yang diperoleh 0,66 dengan kategori sedang atau cukup efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,61 > 2,064). Maka H0 di tolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di SD Swasta HKBP Tomuan.

Published
Dec 17, 2024
How to Cite
SIDAURUK, Yunita; NAPITUPULU, Rio Parsaoran; SIANTURI, Canni Loren. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SUB TEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5104>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5104.