PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DI KELAS XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi komposisi fungsi di kelas XI SMA Negeri 6 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shot case study design. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pematangsiantar yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 324 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI-3 yang berjumlah 36 orang dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, dan angket yang sebelumnya sudah di validasi dan reliabilitas. Adapun hasil dari analisis terdapat rata-rata skor tes 28,81 dan rata-rata angket 62,25. Analisis ini dilakukan melalui uji regresi linear sederhana dengan persamaan Y=α+BX=9,490+0,310X didapatkan nilai Sig. regresi 0,00 < 0,05 dan hail uji-t didapatkan dengan Sig. 0,00 < 0,05 dan thitung = 9,326 > ttabel = 2,032, persen koefisien determinasi 71,9% . Berdasarkan deskripsi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi komposisi fungsi di kelas XI Negeri 6 Pematangsiantar T.A 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.