PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran di Kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study Design. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar yang terdiri dari 12 kelas yang berjumlah 431. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI-7 yang berjumlah 35 orang dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, dan angket yang sebelumnya sudah di validasi dan reliabilitas. Adapun hasil dari analisis terdapat rata-rata skor tes 24,89 dan rata-rata angket 64,09. Analisis ini dilakukan melalui uji regresi linear sederhana dengan persamaan Y=α+BX=3,494+0,334X didapatkan nilai Sig. regresi 0,00 < 0,05 dan hail uji-t didapatkan dengan Sig. 0,00 < 0,05 dan thitung= 9,011 > ttabel = 2,034, persen Koefisien determinasi 71,1% . berdasarkan deskripsi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.