PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK IPA TEMA 6 SISWA KELAS V

  • Erika Yusnita Siagian Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Desi Sijabat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Esti Sirait Program Studi Proteksi Tanaman, Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi Sawit Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di UPTD SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan “Pre-Experimental Design”. bentuk one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di UPTD SD Negeri 125138 Pematangsiantar pada siswa kelas V dengan jumlah populasi 22 orang siswa dan sampel sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan test sebanyak 2 kali yaitu pretest-posttest. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik, dari hasil analisis data diproleh taraf signifikan 0,00 < probabilitas (0,05) dan t_(hitung )= 16,93 > t_(tabel )= 1,71. Maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti “Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Tematik Ipa di UPTD SD Negeri 125138 Pematangsiantar

Published
Dec 21, 2024
How to Cite
SIAGIAN, Erika Yusnita; SIJABAT, Desi; SIRAIT, Esti. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK IPA TEMA 6 SISWA KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5154>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5154.