MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS II

  • Radode Kristianto Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Venicia Hutagaol Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Deby Priskila Sinaga Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Khorint Meilani Sirait Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Maya Sinurat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kerjasama dengan melihat minat belajar matematika siswa kelas II SD 124388 Jalan Rakutta Sembiring Brahmana setelah dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Actions Research (CAR). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerjasama siswa di dalam kelas dalam proses pembelajaran kelas II SD 124388 Jalan Rakutta Sembiring Brahmana. Pencapaian nilai rata-rata minat belajar yang diukur menggunakan skala minat mengalami peningkatan dari siswa yang memperoleh nilai terendah yaitu 75 dan nilai tertinggi yaitu 90, dengan nilai rata–rata adalah 78.8 Sehingga dapat peneliti simpulkan pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini sudah mendapatkan hasil yang diharapkan

Published
Dec 21, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Radode Kristianto et al. MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS II. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5155>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5155.