UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI ICE BREAKING DI KELAS III

  • Radode Kristianto Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Dewi Annisa Panjaitan Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Evelyn Simamora Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Martauli Sinaga Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Meryahta Sihombing Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • H Russel Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi ice breaking terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest- posttest. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa kelas 3 SDN 124388 jl. rakuta sembiring yaitu kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran IPS dengan strategi ice breaking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dilakukannya strategi ice breaking dengan sesudah dilakukannya ice breaking. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi ice breaking dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran IPS.

Published
Dec 22, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Radode Kristianto et al. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI ICE BREAKING DI KELAS III. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5156>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5156.