PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

  • Jeremia Purba Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Anggun Tiur Ida Sinaga Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Susy Alestriani Sibagariang Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mempeoleh pengetahuan mengenai pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Taman Dewasa (SMP) Taman Siswa Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Taman Dewasa (SMP) Taman Siswa Pematangsiantar dengan jumlah 235 siswa. Sampel penelitian bejumlah 148 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan  adalah  teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesione (angket).Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Tedapat pengaruh yang  tidak signifikan antara lingkungan sekolah tehadap hasil belajar, hasil ini telihat pada uji t dimana nilai thitung dari lingkungan sekolah (1,513) < ttabel (1,655357) yang berarti pada variabel tesebut tidak signifikan. 2) Tedapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar tehadap hasil belajar, hasil ini telihat pada uji t dimana nilai thitung dari minat belajar (6,665) > ttabel (1,655357) yang berarti pada variabel tesebut signifikan. 3) Lingkungan sekolah dan minat belajar secara besama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa, hasil ini dapat dilihat pada uji F dimana nilai Fhitung  (23,065) > nilai Ftabel  (2,67). Uji koefisien determinasi R Square diketahui sebesar 0,241 yang berarti 24,1% variabel lingkungan sekolah dan minat belajar bepengaruh tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Taman Dewasa (SMP) Taman Siswa Pematangsiantar. Sedangkan 75,9 % merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
Dec 28, 2024
How to Cite
PURBA, Jeremia; SINAGA, Anggun Tiur Ida; SIBAGARIANG, Susy Alestriani. PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5206>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5206.
Section
Articles