PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mempeoleh pengetahuan mengenai pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Taman Dewasa (SMP) Taman Siswa Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa Taman Dewasa (SMP) Taman Siswa Pematangsiantar dengan jumlah 235 siswa. Sampel penelitian bejumlah 148 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesione (angket).Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Tedapat pengaruh yang tidak signifikan antara lingkungan sekolah tehadap hasil belajar, hasil ini telihat pada uji t dimana nilai thitung dari lingkungan sekolah (1,513) < ttabel (1,655357) yang berarti pada variabel tesebut tidak signifikan. 2) Tedapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar tehadap hasil belajar, hasil ini telihat pada uji t dimana nilai thitung dari minat belajar (6,665) > ttabel (1,655357) yang berarti pada variabel tesebut signifikan. 3) Lingkungan sekolah dan minat belajar secara besama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa, hasil ini dapat dilihat pada uji F dimana nilai Fhitung (23,065) > nilai Ftabel (2,67). Uji koefisien determinasi R Square diketahui sebesar 0,241 yang berarti 24,1% variabel lingkungan sekolah dan minat belajar bepengaruh tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Taman Dewasa (SMP) Taman Siswa Pematangsiantar. Sedangkan 75,9 % merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.