PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGEI 6 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mempeoleh pengetahuan mengenai pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negei 6 Pematangsianatar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif dengan media pengujian yang digunakan adalah SPSS 22. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 134 orang, dan sampel yang digunakan sebanyak 102 orang. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan beupa obsevasi, dokumentasi dan angket (kuesione). Teknik pengambilan data hipotesis menggunakan analisis regeesi beganda, Uji T, Uji F dan koefisien deteminasi (R2).Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : 1) Dukungan orang tua tidak bepengaruh dan signifikan tehadap hasil belajar siswa hasil ini telihat pada uji t dimana nilai thitung dari dukungan orang tua (0,886) < nilai ttabel (1,660). Nilai signifikan yang dipeoleh dukungan orang tua 0,378 > 0,05. 2) motivasi belajar bepengaruh dan signifikan tehadap hasil belajar siswa. hasil ini dapat telihat pada uji t dimana nilai thitung motivasi belajar (3,343) > nilai ttabel (1,660). Nilai signifikan yang dipeoleh 0,001 <0,05 yang bearti pada variable tesebut signifikan. 3) Dukungan orang tua dan motivasi belajar secara besama-sama bepengaruh dan signifikan tehadap hasil belajar siswa. hasil ini dapat dilihat pada uji F dimana nilai Fhitung (15,316) > nilai Ftabel (2,70). Uji Koefisien deteminasi R Square diketahui sebesar 0,236 yang artinya 23,6 % varibael dukungan orang tua dan motivasi belajar bepengaruh tehadap hasil belajar dan 76,4% meupakan pengaruh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.