PENERAPAN BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS VI SD NEGERI 060913 MEDAN

  • Trisya Ananda Siregar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Darmawati Darmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Booklet Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas Vi Sd Negeri 060913 Medan. Pada penelitian kali ini yaitu jenis penelitian PTK atau biasa di sebut dengan Penelitian Tindakan kelas. Menurut Farhana dan Awiria, 2019, penelitian Tindakan Kelas yaitu sebuah penelitian yang dilakukan secara tersusun rapi terhadap berbagai tindakan. Tindakan yang di maksud dilakukan olehh guru dengan tahapan dari perencanaan sampai kedalam penilaian dari apa yang terjadi di dalam kelas dari awal hingga proses akhir pembelajaran untuk melakukan sebuah evaluasi dari perbaikan dalam kegiatan belajar.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tentang Penerapan Booklet terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas VI SD Negeri 060913 Medan Timur dapat ditarik kesimpulan yaitu dengan responden bahwa proses pembelajaran unuk kemampuan bernalar kritis siswa menggunakan booklet yang dilaksanakan dengan bantuan guru kelas VI yang didalamnya melibatkan 30 siswa. Hasil pretest siswa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase 13% dan sisanya 26 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase 87%, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 25, serta nilai rata-rata sebesar 53 dan kategori rendah. Sedangkan dari posttest serta nilai rata-rata siswa adalah 95 sudah meningkat. Faktor eksternal yang dapat menjadi penyebab kesulitan belajar siswa yaitu terdapat di sub indikator, teman, perhatian orang tua, dan perekonomian.  Kesimpulan dari hasil sub indikator teman yang menjadi penyebab kesulitan belajar yaitu sebanyak 10 siswa memilih netral sehingga mereka kadang lebih suka bermain bersama teman dan kadang suka belajar sehingga teman menjadi salah satu penyebab mempersulit pembelajaran.  Sub indikator perhatian orang tua menunjukan persentase besar pada pernyataan negatif bahwa orang tua selalu membantu dalam mengerjakan tugas sehingga membuat siswa menjadi tidak mandiri dalam melakukan pembelajaran.

Published
Jan 3, 2025
How to Cite
SIREGAR, Trisya Ananda; DARMAWATI, Darmawati. PENERAPAN BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS VI SD NEGERI 060913 MEDAN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5217>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5217.
Section
Articles