PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DIKELAS III SD

  • Debby Yuliana Sinaga Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Olopai Simanjuntak Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lusyanna Pakpahan Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yessika Siregar Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Thessa Saragih Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Sanni Kezia Febriani Hutagaol Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yulianty Sianipar Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SDN 122337 pada pelajaran matematika materi pecahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning (PBL). Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 122337 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah penelitian meliputi Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didikmengalami peningkatan. tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus hanya mencapai 67,5 atau 60%. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 74,5 atau 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,85 atau 90%. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD.

Published
Dec 25, 2024
How to Cite
SINAGA, Debby Yuliana et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DIKELAS III SD. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5231>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5231.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)