PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DIKELAS III SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SDN 122337 pada pelajaran matematika materi pecahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning (PBL). Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 122337 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah penelitian meliputi Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didikmengalami peningkatan. tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus hanya mencapai 67,5 atau 60%. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 74,5 atau 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,85 atau 90%. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD.