PENGARUH METODE GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PERKALIAN

  • Debby Yuliana Sinaga Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Trinisa Hutagalung Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juwita Nainggolan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Mia Afani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ester Sinaga Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Amanda Dewi Sagita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Dewantri Siregar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung perkalian dengan metode GASING. Metode yang digunakan adalah metode yang mudah, menyenangkan dan mengasyikkan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I sebanyak 16 siswa tuntas (79%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (21%). Pada siklus II mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode GASING dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Kata Kunci: Metode GASING, Matematika, Hasil Belajar

Published
Jan 9, 2025
How to Cite
SINAGA, Debby Yuliana et al. PENGARUH METODE GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PERKALIAN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5253>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5253.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)