PENGARUH METODE GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PERKALIAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung perkalian dengan metode GASING. Metode yang digunakan adalah metode yang mudah, menyenangkan dan mengasyikkan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I sebanyak 16 siswa tuntas (79%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (21%). Pada siklus II mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode GASING dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Kata Kunci: Metode GASING, Matematika, Hasil Belajar