PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANWER, DISCCUSS, EXPLAIN AND CREATE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III UPT SPF SD INPRES BONTOMANAI

  • Wukuf Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl Sultan Alauddin No. 259, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi selatan, Indonesia
  • Nadrah Nadrah Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl Sultan Alauddin No. 259, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi selatan, Indonesia
  • Nasrah Nasrah Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl Sultan Alauddin No. 259, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi selatan, Indonesia

Abstract

Tujuan penellitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (read, anwer, discuss, explain and create) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III UPT SPF Inpres Bontomanai. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen dengan quasi experimental design. Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. adapun sampel dan populasi pada penelitian ini adalah kelas III A dan Kelas III B dengan jumlah siswa secara keseluruhan adalah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa, tes hasil belajar. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang berupa prettest dan posttest. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 76,68 untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 71,5. Berdasarkan dari perolehan nilai rata-rata diatas maka nilai rata-rata untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Selain itu, untuk melihat ada tidaknya pengaruh model RADEC terhadap hasil belajar IPA, juga dapat dilihat pada hasil uji sampel t test yang menunjukkan bahwa H₀ ditolak karena Sig (2.tailed) < α atau (0,000 < 0,05) dan H₁ diterima karena Sig (tailed) > α atau (0,544 > 0,05). Sehingga di simpulkan ada pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar IPA pada Kelas III UPT SPF SD Inpres Bontomanai Makassar

Published
Dec 1, 2024
How to Cite
RAHMAWATI, Wukuf; NADRAH, Nadrah; NASRAH, Nasrah. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANWER, DISCCUSS, EXPLAIN AND CREATE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III UPT SPF SD INPRES BONTOMANAI. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5480>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5480.
Section
Articles