PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  • Marioga Pardede

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar  siswa pada  mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas X SMK Karya Agung Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK yang berjumlah 60 orang terdiri dari 2 kelas yang paralel, sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen yang diajarkan dengan metode demonstrasi dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode pembelajaran langsung (konvensional). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, 1. Ada pengaruh yang signifikan dipertajam dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMK Karya Agung Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Hal ini berdasarkan uji hipotesis, dimana hasil yang diperoleh adalah thitung sebesar 3,90, sedangkan ttabel sebesar 1,67, yang berarti bahwa thitung > ttabel (3,90 > 1,67), apabila thitung lebih besar daripada ttabel maka metode demonstrasi sangat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. 2. Tidak ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran secara langsung (konvensional) terhadap hasil belajar  siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas X SMK Karya Agung Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

Published
Feb 4, 2022
How to Cite
PARDEDE, Marioga. PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 29-42, feb. 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1305>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles