PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MATERI POKOK GAYA HIDUP MODERN SISWA KELAS XI SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION T.A. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
keaktifan siswa melalui penerapan model Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah pada Materi Pokok “Gaya Hidup Modern” Siswa Kelas XI
SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini
merupakan kualitatif dalam bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang
dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu:
perencanaan, tindakan, pengamatan dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMK T.D. Pardede Foundation T.A.2017/2018
yang terdiri dari 32 orang. Instrumen dalam penelitian ini dengan
menggunakan observasi dan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 25
(dua puluh lima) soal yang terdiri dari lima option (a, b, c, d dan e).
Instrumen terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas,
reliabilis, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pretes sebelum
melakukan tindakan, memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 56,41 dimana
hanya 11 siswa atau sekitar 34,37% yang mendapat nilai tuntas dan 21 siswa
atau sekitar 65,63% yang belum tuntas, pada siklus I siswa memperoleh
rata-rata 80 dimana 29 siswa atau sekitar 90,62% telah mencapai tuntas dan 3
siswa atau sekitar 9,38% yang belum tuntas dan pada siklus II hasil belajar
siswa terus meningkat ketuntasan yang dicapai dimana pada siklus ini
seluruh siswa memperoleh nilai rata-rata 92,5 atau 100% mencapai tuntas.
Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,05% dengan kategori cukup
aktif, dan pada siklus II sebesar 88,54 dengan kategori sangat aktif. Maka hal
ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Gaya Hidup
Modern siswa kelas XI semester ganjil SMK T.D. Pardede Foundation Tahun
Ajaran 2017/2018