PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MATERI POKOK GAYA HIDUP MODERN SISWA KELAS XI SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui penerapan model Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pokok “Gaya Hidup Modern” Siswa Kelas XI SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dalam bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION,T.A.2018/2019 yang terdiri dari 32 orang. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 (dua puluh lima) soal yang terdiri dari lima option (a, b, c, d dan e). Instrumen terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilis, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pretes sebelum melakukan tindakan, memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 56,41 dimana hanya 11 siswa atau sekitar 34,37% yang mendapat nilai tuntas dan 21 siswa atau sekitar 65,63% yang belum tuntas, pada siklus I siswa memperoleh rata-rata 80 dimana 29 siswa atau sekitar 90,62% telah mencapai tuntas dan 3 siswa atau sekitar 9,38% yang belum tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa terus meningkat ketuntasan yang dicapai dimana pada siklus ini seluruh siswa memperoleh nilai rata-rata 92,5 atau 100% mencapai tuntas. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,05% dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II sebesar 88,54 dengan kategori sangat aktif. Maka hal ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Gaya Hidup Modern siswa kelas XI semester ganjil SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION Tahun Ajaran 2018/2019.