HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN MARKUS MEDAN T.A 2020/2021
Abstract
Secara umum fakta dilapangan menunjukkan bahwa Lingkungan belajar kurang memadai, Motivasi belajar siswa masih rendah, Hasil belajar siswa rendah, dan Sarana dan prasarana kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Markus Medan T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Markus Medan T.A 2020/2021 sebanyak 30 orang. sampel penelitian yaitu 30 orang dengan teknik sampel total. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Alat Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Angket terdiri dari 30 pertanyaan serta telah di uji Validitas Angket dan reliabilitas angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Markus Medan T.A 2020/2021 berdasarkan hasil uji statistik uji t di peroleh thitung > ttabel (16,54 > 1,69).