PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PERAN PENGAWAS DALAM MEMAHAMI FUNGSI TUGAS KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 17 MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui tingkat kreativitas sekolah setelah dilakukan supervisi, 2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kreativitas kepala sekolah setelah dilakukan tindakan supervisi.Penelitian dirancang bentuk tindakan kepengawasan dengan melakukan tindakan awal, siklus satu dan dua dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil tindakan awal dan direfleksi untuk mengetahui kesulitan dan hambatan dengan angket, wawancara, dan observasi (format penilaian). Objek penelitian kepala sekolah di SMAN 17 Medan, sasaran indikator terdapat dua bahagian.Hasil tindakan awal menggambarkan bahwa kreativitas dan pemahaman fungsi kepala sekolah tergolong kurang. Berdasarkan data tersebut dilakukan siklus I dengan hasil 59,52 %, siklus II dengan hasil 69,35% dan siklus III dengan hasil 76,42 %. Kemudian hasil siklus dapat diperoleh perbaikan dengan kriteria baik pada kedua indikator tersebut.