PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Menapaki Jalan Terjal Penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA 17 Medan T.A 2019/2020.Jenis penelitian ini quasi eksperimen (eksperimen semu). dengan Populasi seluruh siswa kelas XI semester I SMA 17 Medan T.A 2019/2020 yang terdiri dari tujuh kelas dan 2 jurusan yaitu IPA Dan IPS yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang. Pengambilan sampling dilakukan secara acak (cluster random sampling) yaitu XI IPS-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berjumlah 20 item berbentuk pilihan berganda dengan 4 option yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu di uju normalitas dan homogenitas data.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 51,66 dengan standar deviasi 11,54 dan kelas kontrol 45,66 dan standar deviasi 18,39. Selanjutnya diberi uji t dua pihak diperoleh = 1,51 dan = 2,00 karena < (1,51<2,00) maka hal ini menujukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Diakhir pembelajaran dilakukan post test dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 78,83 dengan standar deviasi 6,782 dan p kelas kontrol 75,5 dengan standar deviasi 6,83. Hasil uji statistik (uji t satu pihak) diperoleh = 1,89 dan = 1,67 karena > (1,89>1,67), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Menapaki Jalan Terjal Penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA 17 Medan T.A 2019/2020.