HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS X SMK TRI SAKTI LUBUK PAKAM T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan Keharmonisan Keluarga dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X SMK Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMK Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 40 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini tidak dipakai karena jumlah terbatas, jadi penelitian ini penelitian populasi (sampel total). Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dengan empat pilihan (a,b,c,d) sebanyak 30 item, yang terlebih dahulu diuji cobakan mengetahui vidilitas dan reliabilitas angket. Sesudah diuji cobakan jumlah soal tersisa 24 item. Untuk menunjang data dari variabel bebas (X) penulis menggunakan angket dan untuk variabel terikat (Y) penulis menggunakan Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Dari deskripsi hasil uji normalitas diperoleh dari data keharmonisan keluarga (X) dan nilai yang diperoleh dari hasil belajar pendidikan agama kristen Siswa Kelas X SMK Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2018/2019 berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan tingkat kecenderungan keharmonisan keluarga siswa kelas X SMK Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2018/2019 (X) dikategorikan “ Baik ” berjumlah 16 orang (40%). Dari data nilai uji tingkat kecenderungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (Y) dikategorikan “ Sangat Baik ” berjumlah 17 orang (42,5%). Berdasarkan analisis didapat dalam nilai koefisien korelasi adalah r hitung = 0,594. Dengan mengkonsultasikan nilai yang diperoleh tersebut terdapat nilai rtabel diketahui bahwa r tabel untuk taraf signifikan 0,05 dengan jumlah N = 40 yaitu 0,312 dimana r hitung > r tabel (0,594 > 0,312). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X SMK Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2016/2017. Hasil uji statistik (uji t) digunakan t hitung = 5,649 dan t tabel = 1,684, pada taraf signifikan 0,05. Karena t hitung > t tabel (5,649 > 1,684), maka hal ini menunjukkan Ada hubungan yang signifikan antara Keharmonisan Keluarga dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X SMK Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2018/2019.