PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU PAK DENGAN PERTUMBUHAN IMAN SISWA SMK SWASTA METHODIST 8 MEDAN
Abstract
Tujuan Riset ini yaitu bagaimana pengaruh kecerdasan emosional guru PAK terhadap perkembangan percaya diri di SMK Swasta Methodist 8 Medan. Jenis Riset ini yaitu deskriptif kuantitatif korelasional, populasi dan Riset ini yaitu seluruh siswa Kristen SMK Methodist 8 Medan. Populasi Riset ini yaitu seluruh siswa yang beragama Kristen yaitu sebanyak 50 orang. Oleh karena itu, jumlah populasi sebanyak 50 orang digunakan sebagai sampel dari seluruh populasi. Instrumen yang digunakan dalam Riset ini yaitu angket sebanyak 30 item dengan lima pilihan (a, b, c, d dan e), masing-masing 15 pertanyaan untuk kecerdasan emosional guru PAK dan 15 pertanyaan untuk pengembangan percaya diri siswa. Sebelum menggunakan kuesioner terlebih dahulu dilakukan pengecekan validitas dan reliabilitas kuesioner, hasil pengujian yang diperoleh yaitu semua kuesioner valid dan reliabel. Hasil tes kebutuhan umum untuk data kecerdasan emosional guru PAK diperoleh pada taraf signifikan 5% (4,425 < 67,50) dan perkembangan kepercayaan diri siswa (38,82 < 67,50), sehingga dapat disimpulkan. Dua variabel Riset berdistribusi normal. Syarat linier data kecerdasan emosional guru PAK dan hasil tes perkembangan iman siswa SMKN 8 Madden yaitu linier, persamaan Y = 38,43 + 0,29 dengan x > (48,013 > 0,020). Hasil tes kecenderungan kecerdasan emosional guru PAK tergolong sedang (50%) dan perkembangan iman siswa tergolong sedang (36%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi diperoleh (0,298) > (0,279), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional guru PAK terhadap perkembangan percaya diri di SMK Swasta Methodist 8 yang diikuti dengan “t.” yang diperoleh pada taraf signifikansi 5% > (2,151 > 1,675 ). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional guru PAK dengan perkembangan iman siswa SMK Methodist 8 Medan.