HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 134 siswa kelas XI IPS dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 134 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal, dokumentasi berupa raport mahasiswa semester genap tahun ajaran 2021/2022, dan wawancara dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa (responden). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis yaitu uji korelasi berganda, uji parsial (t) dan uji simultan (F). Hasil penelitian: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai signifikansi 0,047<0,05 dan thitung 2,003>ttabel 1,97810. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar siswa di sekolah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai signifikansi 0,027<0,05 dan thitung 2,234>ttabel 1,97810. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan fhitung>fttabel yaitu 7,848 > 3,07.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).