PENGARUH METODE MIND MAPPING VERSUS COOPERATIVE LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKS CERITA WAYANG

  • Mochamad Taukit Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Noor Fathirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Djoko Adi Walujo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Materi teks cerita wayang dalam pembelajaran Bahasa Jawa bagi siswa SMP kelas VII merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipelajari. Beberapa faktor penyebabnya adalah rata-rata siswa belum bisa berbahasa Jawa yang baik dan benar, sering muncul perasaan gugup, malu, takut, dan tidak percaya diri, proses pembelajaran masih teacher center, pemilihan metode pembelajaran yang kurang cocok dengan materi dan karakteristik siswa, serta kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dan antara motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar, serta interaksi antara metode mind mapping versus cooperative learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar materi teks cerita wayang. Penelitian ini menggunakan factorial design dengan adanya pembagian kelompok eksperimen bermetode mind mapping dan kelompok kontrol bermetode cooperative learning dalam sampel penelitiannya. Dua instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu instrumen untuk mengukur tinggi dan rendahnya motivasi belajar siswa berupa angket dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi teks cerita wayang berupa tes. analisis data menggunakan anava dua arah dengan membandingkan dan mendeskripsikan pengaruh metode mind mapping versus cooperative learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar materi teks cerita wayang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa bermetode mind mapping versus cooperative learning sebesar 0,012 < 0,05; 2) siswa yang bermotivasi tinggi terjadi peningkatan hasil belajarnya dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang bermotivasi rendah sebesar 0,000 < 0,05; dan 3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar materi teks cerita wayang sebesar 0,758 > 0,05.

Published
Jun 30, 2023
How to Cite
TAUKIT, Mochamad; FATHIRUL, Achmad Noor; WALUJO, Djoko Adi. PENGARUH METODE MIND MAPPING VERSUS COOPERATIVE LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKS CERITA WAYANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 448-460, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3159>. Date accessed: 26 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3159.
Section
Artikel