PENGEMBANGAN WEB BLOG PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA MAWAR SHARON CHRISTIAN SCHOOL SURABAYA
Abstract
Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan pembentukan kharakter bagi peserta didik. Peran pelajaran ini tentu sangat penting dan diharapkan mampu memiliki kontribusi besar dalam pembentukan generasi bangsa. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada disekolah, bahwa peserta didik kurang berminat dalam mempelajari mata pelakjaran PPKn dimana hal ini diakibatkan karena kurangnya materi ajar yang tersedia yang sesuai dengan ciri khas pembelajaran serta penggunaan buku teks yang berupa teori sering membuat siswa menjadi bosan. Selain itu banyak sekali aplikasi atau web yang ada di internet yang sering digunakan terkadang membuat siswa kesulitan untuk menemukan media pembelajaran yang sesuai. Maka perlu dikembangkan suatu media e learning dengan menggunakan aplikasi Web Blog yang bisa diakses siswa dengan mudah dalam mempelajari materi pembelajaran sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar lebih efisien dan efektif. Model pengembangan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluasi). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Dari hasil uji coba kelompok kecil, kelompok terbatas, dan kelompok besar dan telah dilakukan koreksi yang berikutnya melalui revisi sesuai dari hasil respon siswa, telah memperoleh tanggapan dan respon positif, sehingga produk media e learning dengan aplikasi Web Blog dapat dikatakan layak secara signifikan untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).