PENGARUH BAURAN RITEL (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN TRANSMART BUAH BATU KOTA BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausalitas dengan sampel 100 responden. Jawaban kuesioner diukur menggunakan skala likert dengan interval skala ordinal 1 - 5. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS for Windows Versi 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial barang dagangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, suasana lingkungan toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, iklan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun secara simultan, barang dagangan, lokasi, suasana lingkungan toko, iklan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial barang dagangan, lokasi, suasana lingkungan toko, iklan dan promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Bertolak dari penelitian ini, maka rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melibatkan responden yang lebih besar dan beragam demografi, juga melibatkan variabel-variabel lainnya karena setiap demografi memiliki karakteristik berbeda.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).