ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN UMKM BOOMBOOMID

  • Dicki Kusmayadi Universitas Teknologi Digital
  • Lukman Wildan Latif Universitas Teknologi Digital

Abstract

Pengaruh perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat yang serba instan dan mudah, secara langsung mempengaruhi UMKM dalam melakukan aktivitas usaha. UMKM harus beradaptasi dengan situasi ini dengan melakukan strategi yang tepat dalam aktivitas usaha, e-commerce merupakan strategi yang tepat bagi UMKM dalam melakukan aktivitas usaha pada zaman modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan e-commerce terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM sektor alas kaki yaitu BoomBoomID melalui penelitian deskriptif kualitatif. Variabel penelitian  ini  adalah  e-commerce  sebagai  variabel  bebas  (X)  dengan  Peningkatan  Pendapatan  sebagai  variabel  terikat  (Y).  Secara keseluruhan, e-commerce turut mendongkrak pendapatan BoomBoomID sebesar 58,62%. Selain terdapat adanya beberapa permasalah, namun e-commerce itu sendiri memiliki dampak  positif dari sisi penggunaan yaitu  mudah  dalam  transaksi dapat  diakses  kapan  saja.  Pada era  modern  konsumen  ingin serba instan memanfaatkan  smartphone  tanpa  perlu  pergi  ke  toko.  Dapat  disimpulkan  bahwa  dampak  penggunaan  e-commerce  bagi  UMKM  sangat  membantu  dalam  peningkatan  pendapatan signifikan  tanpa  ribet,  namun  dalam  penggunaan e-commerce  harus  mempunyai  strategi  yang  tepat  agar  dapat  efisien.

Published
Jun 27, 2024
How to Cite
KUSMAYADI, Dicki; LATIF, Lukman Wildan. ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN UMKM BOOMBOOMID. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 276 - 283, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4439>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4439.
Section
Artikel