MANAJEMEN BAHASA ASING BAGI STAF FRONT OFFICE MENGHADAPI PASAR WISATAWAN MANCANEGARA
Abstract
Departemen Front Office merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu hotel. Para staf akan langsung berinteraksi dengan tamu hotel maupun calon tamu. Kemampuan untuk berkomunikasi termasuk keterampilan berbahasa dan kemampuan memahami keinginan tamu dengan bersikap sopan merupakan tujuan penting dalam meningkatkan kualitas saat melayani tamu. Perbedaan presepsi, budaya maupun bahasa dapat menimbulkan beberapa hambatan ketika melakukan komunikasi efektif antara tamu dan seluruh staf hotel, utamanya bagian front office. Adapun metode yang penulis lakukan yaitu penelitian lapangan melalui observasi secara langsung tepatnya di front office salah satu hotel di Malaysia, untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dengan cara mewawancarai staf front office yang ada disana. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemajuan dan perkembangan sektor pariwisata termasuk bidang perhotelan didalamnya, sehingga dapat memberikan pengetahuan maupun pengalaman langsung serta dapat digunakan menjadi bahan referensi yang berhubungan dengan penelitian sejenis yaitu manajemen penerapan bahasa asing. Melalaui hasil analisa penelitian, penulis menyimpulkan yaitu, bahasa asing sangat penting untuk staf front office untuk membantu meningkatkan kualitas komunikasi dengan wisatawan mancanegara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).