ANALISIS PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MORALITAS PATUH DAN SOPAN SANTUN PADA SISWA SMA
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada di setiap jenjang sekolah, yakni dimulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/MA/SMK), hingga pada jenjang perguruan tinggi; yang diajarkan guna menciptakan warga negara yang berkarakter dan bermoral sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-undang Dasar tahun 1945. Nilai moralitas yang dimaksud adalah nilai-nilai luhur yang dikandung oleh Pancasila, yang dalam hal ini dikhususkan oleh peneliti untuk diteliti yakni nilai kepatuhan dan kesopan- santunan pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan moralitas patuh dan sopan santun terhadap siswa sekolah menengah atas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan secara kualitatif bersifat deskriptif, dengan teknik observasi (meninjau langsung), wawancara yang diikuti dengan dokumentasi para informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh mata pelajaran PKn dalam meningkatkan moralitas patuh dan sopan santun pada siswa SMA. Hasil pengumpulan berupa data dan keterangan yang didapat yang mendukung penelitian dianalisis dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berpengaruh terhadap peningkatan moralitas khususnya moral patuh dan sopan santun pada siswa sekolah menengah atas.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).