HUBUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS XII DI SMA SWASTA MULIA PRATAMA SIMALINGKAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pembelajaran Online dengan Minat Belajar siswa kelas XII di SMA Swasta Mulia Pratama Simaligkar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Mulia Pratama Simaligkar kelas XII yang jumlah 80 orang dengan teknik kejuruan IPA dan IPS, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Mulia Pratama Simaligkar kelas XII yang jumlah 60 orang yang beragama Kristen. Sebagaimana ditentukan oleh metode kuantitatif menggunakan software SMART PLS. Metode pengumpulan data sebagai hasil penelitian dengan questioner yang menggunakan skala likert dengan 5 option jawaban. Hasil penelitian dalam mengukur validitas dimana hasil outer loding dari semua indikator > 0.7 hal ini menunjukkan semua indikator dari variabel X dan Y dapat mewakili variabel latern (konstruk). Demikian juga reliabilitas dimana CA, RO, CR, > 0.7 dan AVE >0.5, menunjukkan semua indikator reliabel maka hasil ini dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang menunjukkan adanya Hubungan Pembelajaran Online dengan Minat Belajar siswa dengan T. statistik > T. tabel yaitu 2.407 > 2000 dan p.value 0.016 < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan signifikan antara Pembelajaran Online dengan Minat Belajar siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).