ANALISIS EFEKTIVITAS KAMPANYE INFLUENCER MARKETING: TINJAUAN TERHADAP PENGARUH DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MEREK
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap efektivitas kampanye Influencer Marketing dengan fokus pada pengaruh dan persepsi konsumen terhadap merek. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah literature review, yang menggabungkan temuan-temuan dari berbagai sumber terpercaya dalam domain pemasaran dan komunikasi. Analisis ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana kampanye Influencer Marketing memengaruhi perilaku dan persepsi konsumen terhadap merek, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi tingkat efektivitasnya. Dalam prosesnya, artikel ini juga akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran ini, serta tren-tren terbaru dalam penggunaan Influencer Marketing. Hasil dari artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana kampanye Influencer Marketing dapat digunakan secara efektif untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Implikasi praktis dari temuan ini dapat membantu praktisi pemasaran dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital yang terus berkembang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).