TEKNIK MEMPERLUAS KOSAKATA MENGGUNAKAN MORFOLOGI AFIKSASI PADA AWALAN, SISIPAN, DAN AKHIRAN DALAM BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kosakata (vocabulary) menggunakan morfologi afiksasi pada awalan, sisipan, dan akhiran serta awalan dan akhiran, (2) membantu siswa dalam menghafal kosakata bahasa Inggris secara cepat, mudah ,dan tepat, (3) memperluas kosakata dalam bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah quantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok siswa, di mana kedua kelompok tersebut dibagi menjadi Experiment Group dan Control Group. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 2 Tanjung Balai. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini mengambil dua kelas, yaitu kelas XII-IPA1 30 siswa dan kelas XII-IPA2. Hasil penelitian ini adalah diperoleh: hasil posttest kelas experiment XII-IPA1 mendapatkan nilai rata-rata 9,2 dan menggunakan conventional method dengan nilai rata-rata 7,5. Hasil posttest kelas experiment memberikan hasil yang lebih signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan teknik morfologi afiksasi untuk meningkatkan dan memperluas kosakata (vocabulary) terhadap ketertarikan dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XII-IPA1.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).