PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media canva dan wordwall. (2) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan buku tekspada pembelajaran. (3) Untuk mengetahui pengaruh media canva dan wordwall terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok siswa, di mana kedua kelompok tersebut dipilih secara multi stage random sampling, yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh media canva dan wordwall terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia dan pengaruh penggunaan buku teksterhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 orang serta sampel yang didapatkan adalah siswa kelas XI-IPA 8 yang berjumlah 38 orang dan XI-IPA 1 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini adalah diperoleh: (1) Hasil belajar siswa kelas XI-IPA 8 yang diajar dengan menggunakan media canva dan media wordwall tergolong sangat tinggi dengan persentase sebesar 53% dari 38 siswa dan nilai rata-rata sebesar 85,26; (2) Hasil belajar siswa kelas XI-IPA 1 yang diajar dengan menggunakan buku tekstergolong tinggi dengan persentase sebesar 62,5% dari 40 siswa dan nilai rata-rata sebesar 68,12; (3) Hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh uji t yaitu H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media canva dan media wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI-IPA 8.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).