PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

  • Wan Nurul Atikah Universitas Asahan, Indonesia
  • Rafika Muspita Sari Universitas Asahan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media canva dan wordwall. (2) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan buku tekspada pembelajaran. (3) Untuk mengetahui pengaruh media canva dan wordwall terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok siswa, di mana kedua kelompok tersebut dipilih secara multi stage random sampling, yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh media canva dan wordwall terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia dan pengaruh penggunaan buku teksterhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 orang serta sampel yang didapatkan adalah siswa kelas XI-IPA 8 yang berjumlah 38 orang dan XI-IPA 1 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini adalah diperoleh: (1) Hasil belajar siswa kelas XI-IPA 8 yang diajar dengan menggunakan media canva dan media wordwall tergolong sangat tinggi dengan persentase sebesar 53% dari 38 siswa dan nilai rata-rata sebesar 85,26; (2) Hasil belajar siswa kelas XI-IPA 1 yang diajar dengan menggunakan buku tekstergolong tinggi dengan persentase sebesar 62,5% dari 40 siswa dan nilai rata-rata sebesar 68,12; (3) Hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh uji t yaitu H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media canva dan media wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI-IPA 8.

Published
Jun 11, 2024
How to Cite
ATIKAH, Wan Nurul; SARI, Rafika Muspita. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 1139-1148, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4429>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4429.
Section
Artikel