PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA N 14 MEDAN
Abstract
Guru Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 14 Medan memerlukan inovasi dalam metode pengajaran untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva guna meningkatkan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva efektif dalam meningkatkan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen dan minat belajar siswa di SMA Negeri 14 Medan. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Canva berhasil meningkatkan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 14 Medan. Guru melaporkan pengalaman positif dalam merancang dan menggunakan konten pembelajaran dengan Canva, sementara siswa menunjukkan minat yang lebih besar dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran agama Kristen dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Untuk hasil tersebut dapat kita ketahui dengan presentase peningkatan hasil belajar dimana diperoleh nilai rata-rata 28,52 pada Prasiklus, nilai rata-rata 52,61 pada siklus I, dan nilai rata-rata 87,24 pada siklus II.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).