PENGARUH MOTIVASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN BERORGANISASI DI PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS DARMA AGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan terhadap komitmen berorganisasi di Program Studi Sastra Inggris Universitas Darma Agung. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel motivasi (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen berorganisasi (Y) dengan nilai t sebesar 2,582 dan signifikansi 0,014. Sebaliknya, variabel budaya organisasi (X1) dan gaya kepemimpinan (X2) tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 21,8% terhadap komitmen berorganisasi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis untuk meningkatkan komitmen karyawan melalui penguatan motivasi dan teoretis dalam memahami interaksi antara variabel terkait di konteks pendidikan tinggi. Temuan ini relevan untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan akademik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).