PERSONALITY TRAITS AND STUDENT CO-CREATION IN HIGHER EDUCATION CONTEXT IN INDONESIA
Abstract
Penciptaan nilai bersama merupakan metapora dari perspektif service-dominant logic. Perspektif ini menggambarkan perubahan mahasiswa pasif menjadi mahasiswa aktif. Pada konteks perguruan tinggi, pengelola perguruan tinggi harus merubah cara memandang mahasiswa, mahasiswa bukan objek, melainkan subjek atas pendidikan. Implikasi pergeseran cara pandang, pengelola perguruan tinggi harus melakukan reformasi secara luas dan serius dalam memandang dan menempatkan mahasiswa pelaku perubahan itu sendiri. Penelitian ini bersifat deduktif, uji hipotesis, penentuan sampel secara purposive sampling dan pengambilan sampel secara konvinien, responden mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia, pengumpulan data dengan survey-kuesioner dengan google form, menggunakan SPSS 21 dan SmaratPLS 3 dalam mengelola data dan uji hipotesis. Openness to experience dan conscientiousness mahasiswa secara masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku penciptaan bersama mahasiswa. Perilaku penciptaan bersama berdampak signifikan dan positif terhadap pengalaman mahasiswa di perguruan tinggi. Memahami sifat kepribadian mahasiswa penting dalam rangka mendorong partisipasi aktif mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia. Agenda penelitian kedepan, untuk mempertimbangkan variabel situasi sebagai variabel moderating. Perilaku hanya terjadi pada ruang tidak hampa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).