PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sd Negeri 094155 Rambung Merah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di uraikan dapat disimpulkan oleh peneliti terhadap siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah dengan membagikan angket terdapat pengaruh minat belajar. Hal ini dapat diukur dari skor minat belajar dengan kriteria yang semula kriteria skor minat belajar sedang 12 siswa dan rendah 16 siswa dan setelah diberikan perlakuan ice breaking meningkat menjadi kriteria minat belajar sedang 13 siswa dan kriteria tinggi 15 siswa. Hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung sebesar 13.407 yang dibandingkan dengan t table sebesar 2.052. Berdasarkan data t hitung > t table (13.407 > 2.052) dapat dinyatakan bahwa skor angket minat belajar siswa mengalami peningkatan minat belajar yang signifikan dengan H1 terdapat pengaruh yang signifikan. Kriteria pengujiannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode ice breaking terhadap minat belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).