PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD

  • Nadila Insani Purba Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Natalina Purba Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia
  • Emelda Thesalonika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Iv Sd Swasta Hkbp Batu Iv. Desain penelitian ini menggunakan pre-xperimental designs (Nondesigns) dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV sejumlah 24 orang. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel dari semua populasi yang akan diteliti. Banyak siswa pada penelitian di kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV berjumlah 24 orang. Jumlah sampel yang diambil peneliti kurang dari 30 siswa, maka sampel dalam penelitian ini disebut sampel jenuh. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas 4 SD Swasta HKBP Batu IV, penulis mengambil beberapa simpulan sebagai berikut: Bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebagian besar masih belum mencapai KKM, yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 21% (5 siswa)  sisanya sebesar 79 % (19 siswa) nilainya masih di bawah KKM. Namun setelah diberikan perlakuan hasil belajar siswa meningkat, yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 87,5% (21 siswa)  sisanya sebesar 12,5% (3 siswa) nilainya masih di bawah KKM.

Published
Feb 25, 2024
How to Cite
PURBA, Nadila Insani; PURBA, Natalina; THESALONIKA, Emelda. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 607-619, feb. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4556>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4556.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)