PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Iv Sd Swasta Hkbp Batu Iv. Desain penelitian ini menggunakan pre-xperimental designs (Nondesigns) dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV sejumlah 24 orang. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel dari semua populasi yang akan diteliti. Banyak siswa pada penelitian di kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV berjumlah 24 orang. Jumlah sampel yang diambil peneliti kurang dari 30 siswa, maka sampel dalam penelitian ini disebut sampel jenuh. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas 4 SD Swasta HKBP Batu IV, penulis mengambil beberapa simpulan sebagai berikut: Bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebagian besar masih belum mencapai KKM, yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 21% (5 siswa) sisanya sebesar 79 % (19 siswa) nilainya masih di bawah KKM. Namun setelah diberikan perlakuan hasil belajar siswa meningkat, yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 87,5% (21 siswa) sisanya sebesar 12,5% (3 siswa) nilainya masih di bawah KKM.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).