KUALITAS KEBERSIHAN KAMAR TAMU TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA RUDANG HOTEL & RESORT BERASTAGI DI KABUPATEN KARO

  • Booni Tauhid Politeknik Pariwisata Medan
  • Robert Deffie Politeknik Pariwisata Medan
  • Kiki Maulani Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara kualitas kebersihan kamar tamu dan kepuasan tamu di Rudang Hotel & Resort Berastagi, Kabupaten Karo. Dengan metode kualitatif, penelitian ini akan mengeksplorasi persepsi, pengalaman, dan harapan tamu terkait kebersihan kamar serta dampaknya terhadap kepuasan. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tamu yang menginap, fokus pada pengalaman mereka dan elemen penting yang memengaruhi kepuasan. Observasi partisipatif juga akan dilakukan untuk memahami kondisi kebersihan kamar secara langsung. Analisis tematik akan digunakan untuk mengidentifikasi pola dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan tentang aspek kebersihan yang paling berpengaruh pada kepuasan tamu, serta menjadi sumber informasi bagi manajemen hotel untuk meningkatkan layanan dan praktik kebersihan. Penelitian ini juga diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang hubungan antara kebersihan kamar dan kepuasan tamu di industri perhotelan.

Published
Oct 16, 2024
How to Cite
TAUHID, Booni; DEFFIE, Robert; MAULANI, Kiki. KUALITAS KEBERSIHAN KAMAR TAMU TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA RUDANG HOTEL & RESORT BERASTAGI DI KABUPATEN KARO. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 66 - 76, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4773>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4773.
Section
Artikel