STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO SLA FM 105.6 MHZ TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi penyiar dalam meningkatkan minat pendengar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan dokumen. Lalu data tersebut diklarifikasikan kedalam kategori-kategori tertentu.Objek penelitian menggunakan informan, yaitu key informan, informan biasa dan informan tambahan yaitu 10 orang informan. Empat orang penyiar sebagai Key infroman, dua orang staff sebagai informan biasa, dan empat orang pendengar sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyiar menggunakan berbagai strategi komunikasi dalam meningkatkan minat pendengar, yaitu strategi kesesuaian, strategimenggunakan bahasa Persuasif, strategi dayapenarik pendengar, dan strategi pembentuk kebiasaan. Pendengar berminat dan menikmati siaran informasi dan hiburan yang disajikan oleh radio SLA Fm karena penyiar selalu memberikan yang terbaru.