PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PERAWAT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS ARAMOKABUPATEN NIAS SELATAN

  • Ernita Buulolo Universitas Darma Agung
  • Prietsaweny RT Simamora Universitas Darma Agung
  • Shabrina Harumi Pinem Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Aramo Kabupaten Nias Selatan dan mengidentifikasi hambatan dari hubungan tersebut. Penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif ini mengkaji hubungan antara interaksi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Aramo Kabupaten Nias Selatan, khususnya dengan melihat (1). Keterusterangan perawat yang bekerja dengan pasien secara pribadi (2). Perawat simpatik Pusat Kesehatan Aramo terus menilai kondisi pasien dan menanyakannya (3). Peduli terhadap pasien dan sikap yang baik (4). Sampai saat ini, ada kesetaraan dalam penyediaan layanan medis di Pusat Kesehatan Aramo, dalam memberikan kesempatan yang sama untuk semua penduduk setempat tanpa memandang jenis kelamin, dan di daerah lain. Komunikasi interpersonal antara perawat dengan kepuasan rawat inap di Puskesmas Aramo Kabupaten Nias Selatan terhambat oleh faktor-faktor sebagai berikut: (1). Sikap pasien (2). Norma dan praktik (3). Pasien Lanjut Usia

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
BUULOLO, Ernita; SIMAMORA, Prietsaweny RT; PINEM, Shabrina Harumi. PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PERAWAT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS ARAMOKABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 98 - 109, oct. 2023. ISSN 2720-9822. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/3932>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v7i2.3932.
Section
Articles